Makanan Sehat Untuk di konsumsi oleh Ibu Hamil - Indonesiaku Bicara

Breaking

Jumat, 22 Maret 2013

Makanan Sehat Untuk di konsumsi oleh Ibu Hamil

Ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang memiliki manfaat untuk ibu dan perkembangan bayi. Mengetahui jenis-jenis makanan tersebut maka ibu hamil bisa lebih menjaga nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan selama mengandung.
andikamukaddas.blogspot.com

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi karena bayi yang dikandung menyerap apa yang dimakan oleh sang calon ibu. Jadi harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, maka simak beberapa makanan sehat yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil yang dikutip dari laman The Pregnancy Zone sebagai berikut:

1. Alpukat

Alpukat mengandung banyak asam folat yang sangat penting untuk perkembangan otak serta perkembangan sistem saraf pada janin. Buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang dibutuhkan janin. Selain itu, alpukat bermanfaat dalam menjaga kelancaran saluran pencernaan. Sehingga ibu hamil dapat terhindar dari yang namanya sembelit.


2. Wortel

Wortel yang umumnya dikenal untuk kesehatan mata ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk ibu hamil. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi bayi. Wortel biasanya juga dijadikan cemilan oleh ibu hamil, agar lebih nikmat wortel juga bisa dihidangkan dengan berbagai jenis makanan lainya.


3. Brokoli

Brokoli juga dianggap penting bagi ibu hamil, kandungan vitamin C, vitamin A, dan kalsium yang cukup tinggi mampu memenuhi kebutuhan ibu hamil. Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung banyak nutrisi-nutrisi yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk imunitas dan kekuatan tulang bayi. Sama seperti Alpukat, Brokoli pun memiliki kandungan asam folat cukup tinggi. 


4. Telur dengan DHA
Alasan yag menjadikan makanan ini baik adalah kandungan protein dan kalorinya yang rendah. Sementara DHA merupakan asam lemak omega-3, yang merupakan salah satu lemak baik untuk kehamilan. Seperti diketahui omega-3 sangat bermanfaat pembentukan jaringan retina dan otak pada bayi.


5. Mangga
Banyak dari ibu hamil yang ngidam mangga, jangan ragu untuk mengkonsumsinya. Mangga memiliki kandungan vitamin C dan A yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, mangga juga tinggi kalium, yang mana Kalium berfungsi untuk mencegah dan meredakan kram pada ibu hamil.


6. Kacang Merah dan Jenis Kacang-Kacangan
Kacang merah serta jenis Kacang-kacangan lainya mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil seperti mangan, tembaga, selenium, magnesium, kalium, seng, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat penting untuk ibu dan janin selama masa kehamilan.


7. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun sering di anggap sebagai Minyak ajaib. Minyak ini sangat kaya akan lemak tak jenuh dan vitamin E yang baik bagi ibu dan bayi. Agar konsumsi minyak Zaitun lebih nikmat dan tidak semata-mata dikonsumsi begitu saja, bumil bisa menambahkan pada salad, bisa juga dijadikan sebagai pengganti minyak goreng.


referensi :http://www.sahabatsehat.info/2012/11/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil.html

Tidak ada komentar: