SDN 25 dan SDN 35 Berprestasi di Pramuka - Indonesiaku Bicara

Breaking

Selasa, 10 Desember 2013

SDN 25 dan SDN 35 Berprestasi di Pramuka


PAREPARE -- Penyelenggaraan Pesta Siaga Pramuka bertemakan "Pramuka Hari Ini Pemimpin Hari Esok" yang dilaksanakan di Lapangan Balaikota Parepare diikuti 30 sekolah dasar (SD) se-Kota Parepare. Kegiatan berlangsung dari pagi pukul 08.00 hingga pukul 17.00 sore. SDN 25 kategori putri menyabet juara umum pada pelaksanaan empat kategori lomba dan kategori putra disabet oleh SD 35 Parepare.  Pesta Siaga Pramuka yang diadakan oleh Kwartir Cabang Kota Parepare yang diketuai H Minhajuddin Achmad berlangsung meriah dan disambut antusias peserta yang masih berumur 7 hingga 10 tahun (pramuka siaga). Pelaksanaan kegiatan dengan tujuan untuk mengakrabkan para peserta didik dengan lingkungan dan berkarya dalam pesta siaga tersebut memberi apresiasi yang tinggi kepada peserta.

Pada pesta siaga tersebut, panitia menyelenggarakan empat bidang lomba untuk mencapai tujuan penyelenggaran pesta siaga, yakni lomba pengembangan spritual, lomba intelektual, lomba pengembangan keterampilan, dan lomba fisik. Empat bidang pengembangan yang disalurkan melalui lomba tersebut bertujuan untuk mengakrabkan anak didik dengan lingkungan dan melatih mereka untuk berkarya.
Adapun jenis-jenis lomba tersebut adalah, pengembangan spritual melalui lomba hafal surah-surah pendek, pengembangan intelektual melalui lomba pengucapan dwi satya dan dwi dharma, bidang pengembangan keterampilan melalui lomba yel-yel dari gudep masing-masing, dan bidang pengembangan fisik melalui lomba lari kelereng.
Ketua Panitia Pesta Siaga Muhammad Safir bersama Amirullah, pelatih Pembina Pramuka mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja Kwartir Cabang yang bersumber dari APBD. Di pesta ini diadakan empat macam bidang lomba sebagaimana yang dikemukakan oleh ketua panitia.
Tujuan pelaksanaannya disesuaikan dengan romantika perjuangan bangsa (1908) untuk mensiagakan. "Jadi anak didik umur 7-10 tahun disebut siaga," ujarnya.
Adapun pemenang juara umum lomba-lomba yang diadakan pada pesta tersebut, yakni kategori putri juara satu SDN 25 Parepare, juara dua SDN 29 Parepare, juara tiga SDN 4 Parepare. Sedangkan kategori putra, juara umum satu SDN 35 Parepare, juara dua SDN 28 Parepare, dan juara tiga SDN 2 Parepare. Muhammad Zain Walyuddin (Awal), murid SDN 58 Parepare peserta kegiatan begitu semangat dan antusias mengikuti lomba. Dia mengatakan, meski masih berumur delapan tahun namun senang mengikuti lomba tersebut. "Karena di samping banyak kenalan juga banyak pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh dalam pesta ini," katanya. (mg8/sli)

Tidak ada komentar: