Evakuasi Korban Tenggelamnnya KMP Munawar - Indonesiaku Bicara

Breaking

Sabtu, 04 Januari 2014

Evakuasi Korban Tenggelamnnya KMP Munawar


Indonesiakubicara.blogspot.com - Tim Sar terus berupaya melakukan pencarian korban tenggelamnya KMP Munawar di perairan Selat Alas Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, upaya ini tampaknya mengalami hambatan karena lokasi tenggelamnya kapal tersebut mengalami pergeseran  antara 3 sampai 4 mil dari arah selatan.

Dari pantauan yang dilakukan tim Search and Rescue (SAR), lokasi kapal tenggelamnya kapal diperkirakan telah bergeser dari lokasi semula. Saat tenggelam, kapal berada di titik koordinat 08 derajat 29 menit 55 detik, 116 derajat 44 menit 55 detik Lintang Selatan.

indonesiakubicara.blogspot.comKepastian tersebut diperoleh setelah pihaknya melakukan pengecekan dengan menggunakan alat ekosoner untuk mendeteksi lokasi tenggelamnya kapal. Sebab, di titik semula tenggelamnya kapal, sudah tidak ditemukan lagi bangkai kapal Munawar yang tenggelam Jumat (3/1/14) sekitar pukul 04.00 WITA.

Terjadinya pergeseran tersebut diduga karena besarnya arus bawah laut di teluk Alas, serta kondisi dasar laut yang terdapat banyak palung laut. Hingga pencarian terakhir sekitar pukul 16.30 WITA, tim belum menemukan penumpang tenggelam, atau benda-benda yang bisa menjadi petunjuk lokasi tenggelamnya kapal.

"Tim SAR berencana akan terus melakukan pencarian dan memperluas pergerakan hingga di luar lokasi pergeseran tenggelamnya KMP Munawar," jelasnya

Sebelumnya, KMP Munawar Ferry tenggelam pada Jumat (3/1/14) dini hari sekitar pukul 04.00 di Selat Alas. Menurut informasi, sejak berangkat dari Pelabuhan Kayangan, KMP Munawar telah memberikan tanda-tanda buruk berupa terjadinya kebocoran pada kapal, karena penumpang melihat genangan air di bagian dek kapal.


Akibat tenggelamnya KMP Munawar Ferry, kendaraan bermotor yang diangkut kapal meliputi empat mobil, enam truk, delapan minibus dan 15 sepeda motor tidak dapat diselamatkan dan turut tenggelam bersama kapal ke dasar Selat Alas sementara Tim SAR akan berupaya semaksimal mungkin untuk terus melakukan pencarian korban tenggelamnya kapal KMP Munawar Ferry

Sumber : Merdeka.com