Unhas Tolak Dapat Sanksi Soal Perjokian, Minta Rektor UNY Klarifikasi di Koran - Indonesiaku Bicara

Breaking

Jumat, 03 Juni 2016

Unhas Tolak Dapat Sanksi Soal Perjokian, Minta Rektor UNY Klarifikasi di Koran

Universitas Hasanuddin

INDONESIAKU-BICARA-Terkait pemberitaan tentang wacana pemberian sanksi bagi Universitas Hasanuddin (Unhas)  karena mengungkap perjokian, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA menyampaikan sikap resminya.
Sikap Unhas terhadap masalah tersebut, yakni:
1. Unhas keberatan dengan statemen Ketua Panitia Pusat SBMPTN 2016: Prof. Rochmat Wahab (Rektor UNY) yang menyatakan memberi ancaman sanksi kepada Unhas dikarenakan kasus praktek perjokian yang terjadi pada pelaksanaan SBMPTN di Unhas.

2. Unhas seyogyanya dihargai karena telah dengan berani mengungkapkan kebenaran dan telah menjalankan tugas pengawasan ujian dengan ketat.

3. Bila Unhas mendapatkan sanksi maka akan menjadi preseden bagi universitas lain untuk tidak tegas menindak lanjuti dan membiarkan saja jika terjadi praktek perjokian dalam pelaksanaan SBMPTN di tahun tahun berikutnya.

4. Kita seharusnya melawan konspirasi perjokian nasional. Institusi yg mengungkap dan tegas terhadap perjokian seharusnya diapresiasi, bukan justru diberi sanksi.

5. Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI) menyatakan mendukung langkah Unhas.

Ketua Panitia Pusat telah meminta maaf secara langsung kepada Rektor Unhas tapi Ketua Panitia Pusat tetap harus melakukan klarifikasi di koran, dengan proporsi yang sama.(*)